RAPAT TAHUNAN YANG KE XIII SERIKAT PEREMPUAN BASIS JAKARTA (SPB JAKARTA)

 

RAPAT TAHUNAN YANG KE XIII
SERIKAT PEREMPUAN BASIS JAKARTA (SPB JAKARTA)



Awal maret tepatnya tanggal 2 maret 2024 dilaksanakan Rapat Tahunan SPB Jakarta yang ke XIII tahun 2023 dengan Tema “Perkuat Kolaborasi Dengan Koperasi Sebagai Wujud Nyata Kepedulian SPB Jakarta Untuk Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga.” Bertempat di  di Gedung Wamy Jl. Moch kahfi II No. 42 Rt. 008/08 Srengseng Sawah Jagakarsa Jakarta Selatan. Diikuti oleh 75 orang pengurus dab anggota SPB Jakarta. Rapat anggota tahunan bertujuan untuk memberikan penguatan tentang pentingnya kolaborasi Serikat Perempuan Basis Jakarta dengan koperasi. Melaporkan kegiatan  dan keuangan SPB Jakarta tahun 2023.

Rencana Kerja tahun 2024 sehingga mampu memperkuat gerakan bersama yang telah berhasil digaungkan oleh SPB Jakarta. 


Dalam Rapat tahunan SPB Jakarta diharapkan dapat menjadi wahana saling memberikan gagasan inovatif dalam rangka meningkatkan kesejahteraan anggota. Oleh karena itu, peran aktif seluruh anggota menjadi sangat penting artinya dalam rangka memajukan organisasi SPB Jakarta

 


Pada Rapat Tahunan saat ini, dilaksanakan penguatan tentang Pentingnya kolaborasi Serikat Perempuan Basis Jakarta dengan koperasi oleh  Ibu Ir. Hj Tri Endang Sulistyowati dari PPSW Jakarta. Untuk memberikan motivasi dan semangat maka di nyanyikan secara bersama-sama 2 lagu advokasi yaitu Lagu Guntur dan lagu satu tangan dan satu mulut. Dengan penuh semangat lagu-lagu dinyanyikan, menjadi pertanda akan se-semangat seperti itu pada saat melaksanakan kegiatan di tahun 2024.

 

Tepat waktu, acara rapat tahunan SPB Jakarta dimulai dengan rentetan acara pembukaan, pembacaan ayat suci Alquran dan menyanyikan lagu Indonesia raya dan lagu Mars SPB Jakarta. Dilanjutkan sambutan-sambutan dari ketua panitia Ibu Nuraini dan Co Direktur Ibu Tiyas Anggraini.

 


Sampailah pada acara inti yaitu pengurus SPB Jakarta menyampaikan laporan Pertanggungjawaban  kegiatan  dan laporan keuangan tahun 2023. Dan menyampaikan rencana kerja tahun 2024. Laporan pertanggungjawaban di pandu oleh  Bapak Iqbal Yusti Eko Putro sebagai Co direktur PPSW Jakarta. Ibu Hj Zakiah sebagai ketua SPB Jakarta menyampaikan laporan pertanggungjawaban kegiatan, ibu Nuryani sebagai bendahara menyampaikan laporan keuangan serta ibu Ranti sebagai sekretaris menyampaikan rencana kerja SPB Jakarta tahun 2024.   

 


Dalam laporannya Ibu Hj zakiah menyampikan bahwa kegiatan tahun ini mengusung gerakan koin untuk perempuan matang, gerakan ketahanan pangan, perlindungan sosial bagi perempuan dengan gerakan DHT untuk perempuan dan gerakan Dana resiko bersama (DASIMA) di seluruh wilayah Jakarta.

 

Dalam rangka menyambut tahun politik maka SPB Jakarta melaksanakan TOT Pendidikan Politik bagi perempuan “Pemilih Cerdas Dan Bermartabat” untuk mengajak para perempuan supaya tidak golput dan memilih calon presiden dan caleg yang memiliki program bagi perempuan dan anak. Tot Pendidikan Politik Perempuan yang dilakukan oleh  PPSW merupakan Gerakan Perempuan basis Jakarta untuk melakukan konsolidasi persiapan tahun politik , dimana para kader dan anggota perlu dipersiapkan agar momentum pesta demokrasi semaksimal mungkin menjadi wadah dalam pemenuhan hak politik bagi Perempuan. Selain itu kegiatan ini juga diharapkan dapat mencegah para kader dan anggota melakukan politik kotor, seperti politik uang dan kampanye hitam.

 

Selesai laporan pertanggungjawaban kegiatan dilanjutkan dengan laporan keuangan oleh bendahara SPB Jakarta Ibu Nuryani. Kemudian di lanjutkan dengan menyusun Rencana Kegiatan untuk tahun 2024 yang masih akan mengusung seluruh gerakan yang sudah dirintis sebelumnya dan melanjutkan sosialisasi penghapusan kekerasan bersinergi dan kolaborasi dengan Koperasi dalam kegiatan ‘Balai cerita Bunga Rampai”. Seluruh rangkaian acara Rapat Tahunan SPB Jakarta ditutup dengan menyanyikan lagu Guntur dan Jalan bersama yang merupakan lagu perjuangan bagi perempuan. 


0 Komentar