Tentang Kami


Kantor PPSW Jakarta


LATAR BELAKANG

Pusat pengembangan sumberdaya Wanita (PPSW), merupakan salah satu LSM perempuan di Indonesia yang terus konsisten mengembangkan dan mendampingi kelompok-kelompok perempuan di basis sejak berdiri tahun 1986 saat ini.

Sebagai sebuah organisasi, PPSW telah berevolusi berubah seiring perkembangan kondisi yang ada. Sejak April 2005 PPSW telah menjadi sebuah organisasi asosiasi dengan empat lembaga otonom yaitu PPSW Jakarta, PPSW Pasoendan, PPSW Borneo dan PPSW Sumatra. Sekretariat PPSW menjadi simpul yang mengkoordinir perkembangan lintas organisasi otonom agar tetap menjadi satu kesatuan gerakan asosiasi yang kuat dan efektif. Transformasi PPSW ini Sejalan dengan perkembangan sistem yang lebih terdesentralisasi di Indonesia saat ini. Lembaga-Lembaga otonomlah yang secara berkesinambungan akan mengembangkan dan mendampingi kelompok di wilayahnya masin-masing.

PPSW Jakarta sebagai salah satu lembaga otonom dalam asosiasi PPSW telah mendampingi 20.677 orang perempuan basis yang tergabung dalam 333 kelompok / koperasi yang berada di 28 kelurahan dari 18 kecamatan.

Tujuan utama PPSW jakarta adalah pemberdayaan perempuan khususnya yang berada di strata sosial ekonomi terendah dalam masyarakat yang terkonsentrasi di daerah kumuh perkotaan. PPSW Jakarta memilih beberapa fokus persoalan yang di hadapi masyarakat seperti persoalan ekonomi, kesehatan reproduksi, pendidikan politik dan pendidikan sebagai pintu masuk dalam pengorganisasisan masyarakat khususnya kelompok-kelompok perempuan.

Untuk mencapai tujuan tersebut PPSW Jakarta melakukan berbagai kegiatan seperti memfasilitasi masyarakat melalui berbagai pelatihan dan lokakarya sesuai kebutuhan mereka, serta mengembangkan organisasi dan jaringan masyarakat lokal untuk mengadvokasikan kepentingan mereka. Selain itu PPSW Jakarta juga melakukan penelitian, penerbitan,seminar dan lokakarya guna menunjang kegiatan yang di lakukan bersama masyarakat.

PPSW Jakarta telah memiliki Badan Hukum Yayasan PPSW Jakarta, sejak 8 Nopember dengan Akta Notaris No 01, Ny. Asmara Noer SH.


STRATEGI

Untuk mencapai Visi dan Misi, PPSW Jakarta mengembangkan empat strategi besar pengorganisasian masyarakat yaitu :

·       Membangun Visi dan Misi
·       Peningkatan kapasitas
·       Pengembangan organisasi dan jaringan kerja
·       Advokasi kebijakan dan perubahan sosial
·       Pengembangan organisasi dan jaringan kerja
·       Advokasi kebijakan dan perubahan sosial

Selengkapnya klik disini