PEREMPUAN MEMIMPIN GERAKAN KELUARGA PEMBAHARU WILAYAH JAKARTA TIMUR

 PEREMPUAN MEMIMPIN GERAKAN KELUARGA PEMBAHARU

WILAYAH JAKARTA TIMUR


oleh: Tiyas Widya Anggraini



Tawa ceria ibu-ibu hebat perwakilan dari koperasi-koperasi yang ada di wilayah Jakarta Timur terdengar penuh semangat memenuhi aula kantor koperasi Sahabat Perempuan, Senin 23 Mei 2022. Itulah yang terlihat dan terdengar saat launching dan pelaksanaan pertama kelas akademi paradigta angkatan tahun ke-2.


Setelah ditahun sebelumnya PPSW Jakarta berhasil mewisuda sebanyak 30 orang pemimpin perempuan melalui pelatihan Akademi  Paradigta Di wilayah Jakarta Selatan pada tahun 2021.

Ditahun 2022, PPSW Jakarta kembali menyelenggarakan pelatihan Akademi Paradigta di wilayah Jakarta Timur yang diikuti oleh 23 orang akademia yang merupakan anggota dari 4 koperasi dampingan PPSW Jakarta yakni, Koperasi Sahabat Perempuan, Koperasi Nuri, Koperasi Sejahtera dan Koperasi Pratama Damai Sejahtera. Melalui pelatihan Akademi Paradigta para perempuan dapat terlibat aktif di keluarga, masyarakat dan juga menumbuhkan pemimpin-pemimpin perempuan pembaharu yang mendukung proses kaderisasi kepemimpinan di koperasi.

Tugas yang diberikan oleh para mentor dikerjakan dengan serius dan penuh kreatifitas oleh akademia, seperti tugas menyanyikan lagu masa kecil yang dilakukan bersama-sama dengan anak-anak dan seluruh anggota keluarga menggunakan peralatan dapur sebagai iringan musiknya, misalnya lagu : kring..kring.. ada sepeda

Selain melakukan aktivitas dengan anak dan keluarga, akademia juga mendapatkan tugas untuk melakukan diskusi terfokus bersama 10 orang dewasa keluarga pembaharu dan 10 anak-anak usia 10-18 tahun untuk membahas bersama video anak-anak pembaharu dan mengajak masyarakat untuk melakukan Gerakan perubahan bersama di lingkungan.

Beberapa contoh mengorganisir kegiatan bersama masyarakat yang dipraktekkan oleh akademia adalah :

·         Gerakan bersih desa

·        


Pilah sampah rumah tangga bersama Bank Sampah

·         Kerja bakti menghias kampung untuk persiapan peringatan kemerdekaan RI

·         Gerakan pengumpulan minyak jelantah

·         Perpustakaan mini

 

Pelatihan selama kurang lebih 3 bulan diakhiri dengan proses wisuda, penuh semangat dan hidmad mereka melangkah satu persatu mengikuti prosesi wisuda. Beberapa testimoni peserta yang berhasil lulus dan membuat Karya tulis :

“pelatihan yang bertemakan kepemimpinan perempuan ini bagi saya merupakan bimbingan dalam memahami bagaimana membangun keluarga untuk melakukan perubahan yang dilandasi oleh nilai-nilai kesetaraan yang berkeadilan serta bagaimana menjadi seorang pemimpin perempuan yang baik dan mampu menularkan konsep perubahan ke masyarakat”

 

Proses pelatihan Akademi Paradigta menjadi Langkah awal bagi perempuan, keluarga dan masyarakat. Khususnya untuk memahami pentingnya partisipasi perempuan dalam kehidupan di masyarakat serta menciptakan ruang yang aman dan nyaman bagi perempuan untuk berkarya. Hasilnya 23 orang akademia semakin meningkat kepercayaan dirinya dan mampu menyampaikan pendapatnya di dalam pertemuan-pertemuan. 6 orang akademia menjadi pemimpin yang lebih baik lagi di koperasinya, 17 orang lainnya menjadi calon pemimpin koperasi dan kader handal.



 

0 Komentar