Bangkit Bersama Membangun Solidaritas Menjadi Penggerak Perekonomian di Masa Pemulihan Pandemi


Oleh: Tri Endang Sulistyowati

Rapat Anggota Tahunan Koperasi Dampingan PPSW Jakarta se-Jabodetabek

Rapat Anggota Tahunan merupakan forum kekuasaan tertinggi Koperasi. Rapat Anggota diselenggarakan oleh Pengurus dan dihadiri oleh anggota, pengurus dan pengawas, yang pelaksanaannya diatur dalam Anggaran dasar. Rapat Anggota Tahunan menetapkan :

  • Anggaran Dasar
  • Kebijaksanaan umum dibidang organisasi manajemen, dan usaha
  • Pemilihan, pengangkatan, pemberhentian Pengurus dan Pengawas
  • Rencana kerja, rencana anggaran pendapatan dan belanja Koperasi, serta  pengesahan laporan keuangan
  • Pengesahan pertanggungjawaban Pengurus dalam pelaksanaan
  • Pembagian hasil usaha

Rapat Anggota dilakukan paling sedikit sekali dalam 1 (satu) tahun. Rapat Anggota untuk mengesahkan pertanggungjawaban Pengurus diselenggarakan paling lambat 6 (enam) bulan setelah tahun buku lampau. Pelaksanaan RAT oleh koperasi diharapkan bisa dilaksanakan diawal waktu, yaitu antara bulan januari sampai dengan maret.

Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan kewajiban setiap koperasi, karena merupakan wujud dari pertanggung jawaban pengurus dan pengawas kepada anggota atas kinerjanya.

Beberapa bahasan utama dalam RAT, di antara lainnya adalah:

  • Laporan keuangan tahun anggaran sebelumnya (masih berkaitan dengan laporan keuangan).
  • Rencana bisnis kedepan (business plan)
  • Pemilihan pengurus baru.

PPSW Jakarta mendampingi 19 koperasi primer dan 1 koperasi sekunder yang berada di Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, jakarta Utara, Jakarta Pusat, Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang. Koperasi-koperasi tersebut selama kurun waktu dari bulan Januari sampai dengan bulan Maret telah selesai melaksanakan Rapat Anggota Tahunan, dengan jadwal sbb :

RAT seluruh koperasi dengan tema yang sama yaitu “bangkit bersama membangun solidaritas menjadi penggerakperekonomian dimasa pemulihan pandemi”. Tema itu diambil karena sesuai dengan kondisi koperasi saat ini. Setelah virus covid mulai mereda, maka koperasi berbenah diri dan penuh semangat berbenah diri kembali menerapkan strategi “Never Ending Proses” dan bisnis proses seperti saat sebelum pandemi covid agar mampu menjadi penggerak perekonomian anggota maupun masyarakat sekitar.

Dilaporkan beberapa kegiatan yang dilaporkan oleh pengurus  koperasi adalah pelatihan yang berkaitan dengan pengembangan bisnis koperasi, pelatihan penghapusan kekerasan terhadap perempuan, fasilitasi administrasi kependudukan untuk anggota dan masyarakat sekitar, menanam pohon sayuran dan tanaman obat keluarga untuk ketahanan pangan keluarga, bekerjasama dengan  Puskesmas untuk melaksanakan IVA test, audiensi kepada dinas2 terkait dengan kerja-kerja koperasi dan PPSW Jakarta, Temu ria, dll.

Rapat Anggota Tahunan Koperasi – koperasi Tutup Buku Tahun 2022 ini berjalan tertib dan lancar, banyak anggota yang hadir menyampaikan usulan sekaligus sebagai wadah anggota saling bertemu untuk bersilaturahmi.

0 Komentar