KAMPANYE OK DARLING (Orang Keren Sadar Lingkungan)


Kampanye Ok Darling dilaksanakan Hari  Rabu, tanggal 8 Desember 2021. Dengan Tema “Sayangi Bumi Dengan Kbrl (Kantong Belanja Ramah Lingkungan) Dan Kupilah (Kurangi, Pilah, Olah)”


Kampanye Ok Darling di laksanakan di wilayah RW 04 Pondok Ranggon, Jakarta timur. Kampanye bertujuan untuk  membangun kesadaran perempuan, mencegah kerusakan lingkungan akibat ulah manusia. Mendorong aksi kolektif perempuan untuk mencegah degradasi lingkungan. Kampanye ini merupakan salah satu kegiatan dalam program Mitigasi dan Pencegahan Kerusakan Lingkungan melalui Advokasi dan Pemberdayaan Forum Konsultasi Perempuan Desa/Kelurahan di Indonesia.

Kampanye Ok Darling di iikuti oleh 64 orang,  dihadiri oleh Bapak Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Timur bapak Wahyu Rudiyanto, Kecamatan Cipayung bapak Dodo Supandi , Kelurahan Pondok Ranggon Bapak Nurhilal , RT dan RW, Asosiasi PPSW, PPSW Jakarta, Koperasi Mandiri, Koperasi Ranggon Makmur, PKK, Jumantik, Dasawisma, Posyandu, Bank sampah, majelis taklim, Karang taruna, Disabilitas.

Kampanye Ok Darling di inisiasi dan di koordinir oleh Forum Suara Perempuan Kelurahan Pondok Ranggon yang beranggotakan 15 orang yang merupakan perwakilan dari berbagai Organisasi  Perempuan dan Tokoh Perempuan di Kelurahan Pondok Ranggon. Anggota Forum Suara Perempuan Kelurahan Pondok Ranggon perwakilan dari RT perempuan, jumantik, karangtaruna, dasawisma, majelis tak’lim, koperasi mandiri, koperasi ranggon makmur, RW, bank sampah, posyandu, disabilitas. 

Disampaikan oleh Bapak Kasudin Lingkungan Hidup Jakarta timur. Kegiatan ini harus dilanjutkan. Program ini merupakan inovasi yang sangat baik. Dengan menggerakan masyarakat melalui kampanye OK Darling. Dengan adanya kegiatan ini sangat mendukung Program Lingkungan Hidup. Diharapkan kegiatan berlanjut. Dari hal yang kecil dengan cara  Ibu ibu mengelola sampah dari rumah masing masing dengan KBRL (Kantong Belanja Ramah Lingkungan ) Dan Kupilah (Kurangi,Pilah,Olah). 

Bapak Nurhilal Lurah Pondok Ranggon, mengucapkan terimakasih kepada PPSW Jakarta dan kampanye OK Darling, orang keren sadar lingkungan. Cakep banget  kampanye karena wilayah cipayung jantungnya paru paru kota Jakarta. Karena masih banyak taman terbuka hijau. Bahkan waduk akan dibangun di cipayung. Program pencegahan lingkungan sesuai dengan program Kelurahan dan sudin lingkungan hidup.  Wilayah RW 04 dijadikan pencontohan untuk tanaman lidah Buaya. Karena tanaman lidah buaya merupakan tanaman unggulan di Jakarta Timur, khususnya Kelurahan Pondok Ranggon. Bapak Lurah Pondok ranggon, dan perwakilan dari kecamatan Cipayung menyampaikan bahwa acara kampanye ok darling sangat bagus dan menjadi inspirasi untuk RW-RW lain.

Kegiatan kampenya diisi dengan agenda, pembukaan dihadiri oleh berbagai komponen masyarakat, penyerahan secara simbolik tanaman lidah buaya, berjalan ke arah kebuh ketahanan pangan milik Koperasi mandiri sambil menyanyikan lagu yel-yel :
Disini sampah 
Di sana sampah 
Dimana mana terlihat sampah .....(itu khan dulu)
Disini bersih 
Disana bersih 
Karena sampah sudah dikelola
Ayo kita bersama mengelola sampahnya
Jadi barang yang berguna
Ayo kita bersama mengelola sampahnya
Jadi barang yang berguna

Kampanye diakhiri dengan menanam lidah buaya di kebun Ketahanan Pangan  milik Koperasi Mandiri. Di harapkan setelah selesainya acara Kampanye Ok Darling RW 04 tetap menjadi RW percontohan untuk semua RW yang berada di sekitar kelurahan pondok ranggon, dan RW-RW lain bisa mengikuti seperti RW 04 agar wilayah pondok ranggon menjadi bersih dan asri karena banyak penghijauan di masing-masing rumah warga. 

0 Komentar