SERIKAT PEREMPUAN BASIS JAKARTA

Gambar

Gambar

Follow

SERIKAT PEREMPUAN BASIS JAKARTA

 MEMBANGUN KEKUATAN SOSIAL POLITIK PEREMPUAN 
MELALUI SERIKAT PEREMPUAN BASIS JAKARTA (SPB Jakarta)


Pendekatan melalui kelompok yang dikembangkan oleh PPSW pada akhirnya menghasilkan kelompok atau koperasi dengan puluhan ribu anggota. Kelompok atau koperasi yang telah terbentuk, di dampingi dan dilatih bertahun-tahun sesungguhnya merupakan potensi dan aset kekuatan kolektif perempuan untuk suatu perubahan yang lebih baik.

Untuk mengeksplorasi kekuatan kelompok atau koperasi menjadi sebuah kelompok penekan yang mampu membawa kearah perubahan yang lebih baik dan secara lebih strategis maka dilakukan upaya untuk memfasilitasi kelompok2 ini untuk membentuk satu kekuatan kolektif di tingkat wilayah yang kemudian disebut “Forum Wilayah”. Salah satu yang terbentuk di wilayah Jakarta adalah terbentuk “Forum wilayah Jabotabek”. 

Pada awalnya forum wilayah lebih sebagai wadah pengembangan aktivitas seperti kekuatan ekonomi, diskusi, penyebaran informasi dan sebagainya. Kekuatan politik sebuah forum belum sepenuhnya disadari. 

Seiring dengan berjalannya waktu, dalam prosesnya semakin disadari bahwa kekuatan politik dan kekuatan sosial sebuah forum yang dapat dipergunakan untuk melakukan tawar menawar sebuah keputusan diperlukan. Oleh karena itu, setelah menggelar berbagai dialog dan pertemuan dibentuklah Serikat Perempuan Basis di masing-masing wilayah melalui sebuah Musyawarah Besar yang kemudian di Jakarta diberi nama “Serikat Perempuan Basis Jakarta”

Serikat Perempuan Basis Jakarta (SPB Jakarta) terbentuk pada tanggal 28 Juli 2010,  diharapkan melalui serikat ini secara efektif terhimpun kekuatannya menjadi kelompok sosial yang diperhitungkan dalam sistem sosial kemasyarakatan.


Error 404

Maaf, Halaman yang anda cari sedang dalam perbaikan..

Go to Homepage