Program Kami

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

Sabtu, 27 Juni 2020

Program Kami


Program
Pengorganisasian Masyarakat

Pengorganisasian Masyarakat merupakan kegiatan utama PPSW Jakarta. Beberapa pola pendekatan diterapkan sesuai kebutuhan dan situasi masyarakat dalam melaksanakan program.
PPSW Jakarta mengorganisir perempuan di tingkat basis melalui kelompok-kelompok berdasarkan tempat tinggal dengan kegiatan ekonomi sebagai pintu masuk utama.

Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam kelompok, selain simpan pinjam juga pelatihan dan diskusi untuk menumbuhkan kesadaran kritis dan meningkatkan kapasitas sehingga perempuan dapat menyelesaikan permasalahan dan melakukan perubahan di keluarga dan lingkungan.

Kepemimpinan di kelompok terus menerus dilakukan secara berkesinambungan, supaya proses pengkaderan berjalan baik. Pengembangan kepemimpinan perempuan harus disiapkan sejak awal, karena ada tantangan budaya yang masih menghambat perempuan menjadi pemimpin.

Mengembangkan Koperasi Perempuan di tingkat basis
Pengembangan Koperasi Perempuan di tingkat basis merupakan salah satu pintu masuk untuk memberdayakan perempuan. Pengembangan Koperasi Perempuan ini sebagai bagian dari program penguatan ekonomi untuk perempuan yang bertujuan untuk :

  
·       Mengembangkan lembaga keuangan yang dimiliki oleh perempuan
·       Membuka akses kredit, jaminan sosial dan sumberdaya lainnya bagi perempuan.
·       Menghimpun dan mengembangkan dana simpanan masyarakat agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dalam pengembangan perekonomian rakyat.
·       Sebagai wadah untuk mengembangkan kepemimpinan perempuan

Pelatihan
PPSW Jakarta memfasilitasi berbagai pelatihan bagi masyarakat dampingan maupun lembaga-lembaga lain yang membutuhkan. Pelatihan yang diberikan mencakup tiga hal yaitu keterampilan tekhnis, keterampilan manajerial dan pengembangan diri. Pelatihan-pelatihan dasar meliputi :

·       Pelatihan Pengorganisasian masyarakat (CO) untuk membangun visi tentang hidup dan kehidupan

·       Pelatihan motivasi berkelompok, untuk memotivasi anggota agar mau bekerja sama dalam kelompok

·       Pelatihan gender untuk membangun kesadaran kritis perempuan terhadap kesetaraan gender serta persoalan perempuan baik persoalan praktis maupun struktural.

·       Pelatihan manajemen kelompok dan kepemimpinan, untuk melatih kelompok dalam mengelola dan mengembangkan kelompoknya, serta mengembangkan potensi kepemimpinan perempuan di wilayahnya.

·       Pelatihan kader lokal : politik, hak-hak perempuan dan masalah-masalah perempuan, untuk mengembangkan pemimpin lokal sehingga mampu melakukan perubahan untuk diri, keluarga dan lingkungan.

·       Pelatihan-pelatihan tekhnis, dengan memanfaatkan sumberdaya dan sumberdana di tingkat lokal.


Diskusi, Seminar dan Lokakarya
PPSW Jakarta memfasilitasi berbagai diskusi, seminar dan lokakarya sebagai bagian dari upaya advokasi. Persoalan yang berkaitan dengan kepentinganperempuan merupakan fokus diskusi, seminar dan lokakarya yang diorganisir dan difasilitasi oleh PPSW Jakarta.

Struktur Organisasi
Struktur organisasi PPSW Jakarta seperti digambarkan sebagai berikut:


Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage